Just another WordPress site
Umum  

Mengenal Keunikan Beo Kea dari Selandia Baru

Anda mungkin tidak begitu mengenal burung Beo Kea, karena memang bukan endemik Indonesia. Perlu diketahui, burung ini memiliki keunikan yang belum tentu dimiliki jenis burung lainnya. Bagi anda yang penasaran, sebaiknya simak semua penjelasan yang kami berikan.

Sebagaimana beo pada umumnya, burung ini juga dikenal memiliki kecerdasan yang luar biasa. Cukup mudah untuk melatihnya, baik dalam pergerakan maupun suara. Dengan alasan ini, tidak sedikit spesies burung ini dijadikan salah satu pertunjukan andalan di sirkus.

Menurut kacer.co.id, ada banyak keunikan dari Beo Kea yang mungkin belum anda ketahui. Keunikan yang dimaksud bisa seputar tingkah lakunya, suara, dan bahkan fisiknya. Daripada penasaran, kita langsung masuk mengenal apa saja keunikan yang dimaksud.

Burung Langka dari Selandia Baru

Perlu diketahui, burung ini bukanlah dari Indonesia. Di negara kita bahkan tidak ditemui di alam bebas. Beo Kea merupakan burung yang berasal dari Selandia Baru. Sayangnya, burung ini terancam punah karena berbagai alasan, salah satunya proses alam.

Burung yang ukurannya besar ini sering di mangsa predator, misalnya kucing, ular, dan tikus. Bukan memangsa burung yang sudah dewasa, predator tersebut biasanya memangsa telur sebelum menetas meskipun letaknya diatas ketinggian.

Ketika tidak ada perkembangbiakan, dapat dipastikan populasinya terancam. Belum lagi adanya pembalakan liar yang ada di negara tersebut. Habitat yang semakin berkurang juga menyebabkan faktor populasinya terancam punah dan langka.

Postur Tubuh yang Besar

Beo Kea masih dalam satu keluarga dengan burung parrot. Perbedaan dari keduanya bisa dilihat dari ukuran, burung ini jauh lebih besar. Pada saat usia dewasa, ukurannya bisa mencapai 50 cm. Burung ini juga dapat tumbuh hingga memiliki berat sekitar 1 kg.

Baca Juga :   Mari Cari Tahu Fungsi Tas Seminar di Bawah ini

Burung yang Cerdas

Seperti yang dibahas sebelumnya, burung ini memiliki kecerdasan yang luar biasa. Bukan hanya ketika dipelihara, namun juga di alam bebas. Di habitat aslinya, Beo Kea memiliki cadangan makanan yang tidak terlalu banyak sehingga harus menggunakan kecerdasannya untuk bertahan hidup.

Selain itu, rasa ingin tahunya sangat tinggi, tidak jarang fasilitas publik yang rusak karenanya. Bukan memiliki sifat perusak, namun memang ingin mengetahui apa dibaliknya. Bahkan sebagian peneliti mengatakan bahwa burung ini pintar menebak atau memprediksi.

Burung Omnivora

Pada umumnya, burung lebih cenderung makan buah-buahan atau dikatakan sebagai herbivora. Berbeda dengan kali ini, karena mereka justru termasuk omnivora. Selain buah dan tumbuhan, burung ini juga memakan serangga di habitat aslinya.

Bagaimana, apakah informasi diatas cukup menarik? Ada banyak spesies burung yang ada di alam, namun hanya sedikit yang kita ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini, anda bisa menambah wawasan mengenai spesies burung dan sekaligus keunikan nya.